Obama dan Huckabee Menang di Iowa

Babak baru dalam pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat dimulai tanggal 3 Januari lalu di negara bagian Iowa. Kedua partai kontestan, Demokrat dan Republik, menggelar pemilihan pendahuluan di negara bagian tersebut. Tujuannya adalah untuk menentukan siapa-siapa kandidat yang dijagokan oleh pemilih.

Pemilihan pendahuluan tahun 2008 ini termasuk unik. Biasanya hanya partai oposisi yang menggelar babak eliminasi. Partai yang sedang memerintah lazimnya mencalonkan kembali Presiden atau mencalonkan Wakil Presiden yang menjabat. Presiden dapat dicalonkan untuk masa jabatan kedua. Apabila Presiden sudah menduduki dua kali masa jabatan, Wakil Presiden yang akan maju ke pilpres. Wakil Presiden saat ini, Dick Cheney, memutuskan tidak maju ke pilpres. Dengan demikian Partai Republik juga harus menggelar pemilihan pendahuluan, meskipun saat ini mereka duduk di pemerintahan.

Pemilihan pendahuluan yang dilakukan oleh kedua partai secara bersamaan menjadi daya tarik tersendiri. Peta kekuatan tiap-tiap calon dapat diamati dari awal. Tidak hanya perbandingan antar calon pada satu partai, tetapi juga perbandingan antar calon dari dua partai yang berbeda.

Hasil pemilihan pendahuluan juga diyakini akan berdampak besar terhadap pembentukan opini publik. Tidak mengherankan jika para calon berlomba untuk memenangi kontes di Iowa, yang sebenarnya bukan merupakan negara bagian yang besar. Iowa berpenduduk sekitar 2,9 juta jiwa atau kurang dari 1% dari total penduduk AS yang tercatat sekitar 300 juta jiwa. Pemilih yang datang ke pemilihan pendahuluan pun tidak banyak. Harian San Francisco Chronicle misalnya melaporkan bahwa jumlah yang datang ke pemilihan pendahuluan Partai Demokrat adalah 220.588 dan Partai Republik 87.666. Sekitar 300.000 orang saja atau 10% dari penduduk Iowa alias 0,1% dari penduduk AS.

Pertanyaannya, mengapa hasil pemilihan sedikit orang tersebut menjadi penting? Banyak yang meyakini bahwa hasil di Iowa akan mempengaruhi pilihan khalayak ramai, khususnya yang saat ini masuk dalam kategori ‘massa mengambang.’ Hal ini juga yang memicu perdebatan tentang bagaimana sebaiknya pemilihan pendahuluan digelar. Negara bagian besar seperti California dan Florida merasa suara mereka kurang diperhatikan. Bayangkan saja. Opini penduduk California yang berjumlah lebih dari 35 juta jiwa disetir oleh hasil pemilihan pendahuluan di negara bagian yang berpenduduk kurang dari 3 juta. Jadwal pemilihan pendahuluan perlu diatur ulang agar lebih mencerminkan konstelasi politik saat ini.

Sebaliknya Iowa (dan juga beberapa negara bagian kecil yang selama ini selalu mendapatkan kesempatan menggelar pemilihan pendahuluan lebih awal) menolak ide tersebut. Bagi Iowa, justru pemilihan pendahuluan itu yang menjadi unggulan mereka. Ibaratnya, setiap empat tahun mereka menjadi pemain penting. Karena selebihnya mereka, sebagai negara bagian kecil, biasanya terpinggirkan.

Hasil pemilihan pendahuluan di Iowa termasuk mengejutkan. Obama, yang tidak begitu dijagokan di negara bagian tersebut, memenangi kontes Partai Demokrat. Saatnya dia tertawa. Sebelumnya John Edwards dan Hillary Clinton lebih dijagokan untuk menang. Begitu juga halnya dengan Mike Huckabee dari Partai Republik. Huckabee mengalahkan calon kuat Mitt Romney. Padahal Romney menggelontorkan dana kampanye di Iowa 15 kali lebih besar.

Obama dan Hucakbee saat ini berharap bahwa hasil di Iowa akan mempengaruhi opini publik AS. Sebaliknya calon yang kalah di Iowa berharap agar publik melihat hasil tersebut semata-mata sebagai hasil dari sebagian kecil (sangat kecil) pemilih AS. Bagaimana selanjutnya menarik dicermati. Putaran berikutnya akan dilangsungkan di negara bagian Wyoming pada tanggal 5 Januari (hanya Partai Republik) dan New Hampshire pada tanggal 8 Januari 2008 (dua partai).

Keduanya juga negara bagian kecil. Wyoming berpenduduk sekitar 515 ribu dan New Hampshire sekitar 1,3 juta. Kesimpulannya, ada kemungkinan opini publik AS akan diarahkan oleh negara bagian-negara bagian kecil. Subjeknya sangat penting: Presiden AS. Jadi, kita tunggu hasil di kedua negara bagian tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s