Tahu Diri

Masih seputar pemilihan presiden Amerika Serikat (AS). Salah satu kandidat dari Partai Demokrat, Bill Richardson, mengundurkan diri. Beritanya menghiasi sejumlah koran terbitan hari ini.

Dibandingkan kandidat lain, curriculum vitae Richardson termasuk paling lengkap. Pernah menjadi anggota DPR. Pernah menjadi menteri pada era Bill Clinton. Pernah menjadi Duta Besar di PBB. Dan sekarang menjabat Gubernur New Mexico.

Richardson juga memiliki latar belakang etnis Hispanic. Karena selama ini orang nomor satu selalu berasal dari etnis putih, banyak yang menaruh harapan Richardson akan menjadi Latino pertama yang menjadi Presiden AS.


Dua putaran pemilihan pendahuluan berlalu. Di Iowa, Richardson hanya memperoleh suara 2%. Pada putaran berikutnya di New Hampshire suara yang didapat naik sedikit menjadi 5%. Terlihat betapa Richardson jauh tertinggal dari tiga kandidat dengan perolehan suara terbesar; Clinton, Obama, dan Edwards.

Tanpa menunggu terlalu lama, Richardson mengambil keputusan mundur dari gelanggang, mengikuti jejak Joe Bidden dan Chris Dodd. Dua nama terakhir mundur setelah melihat hasil di Iowa. Bidden mendapatkan 1% dan Dodd 0%.

Dua kata sangat tepat untuk menggambarkan sikap ketiga kandidat tersebut: tahu diri. Pada satu sisi, demokrasi menjamin hak setiap orang untuk mengusung aspirasinya termasuk mencalonkan diri sebagai presiden. Pada sisi lain, orang lain memiliki hak untuk menilai sejauh mana kelayakan seorang kandidat.

Bisa saja ketiganya tetap maju sebagai kandidat. Sah sah saja dan tidak berarti memaksakan kehendak. Tetapi melihat situasi di lapangan, pilihan untuk bertahan menjadi tidak rasional. Pilihan terbaik bagi mereka saat ini adalah mundur.

Sikap mereka patut diacungi jempol. Ketika merasa tidak cukup mendapat kepercayaan, mereka memberi kesempatan kepada konstituen untuk memilih kandidat lain yang lebih layak. Tidak perlu ngotot. Tidak perlu repot-repot mendirikan partai baru.

Rasa tahu diri ini sudah sepantasnya ditiru oleh politisi lain. Termasuk yang berada di Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s