Obama vs McCain: Skor Minggu Ini

by LareSabin

Majalah Time (edisi Amerika) mulai menyajikan analisis mingguan mengenai posisi kubu Demokrat dan Republik menjelang pilpres. Barack Obama belum resmi menjadi capres Demokrat, namun Time menyandingkannya dengan John McCain dalam mengulas isu-isu yang berkembang. Hillary Clinton? Peluangnya dianggap sudah habis.

Minggu ini ada empat isu yang diangkat. Pada tiap isu ditetapkan skor antar kedua kandidat. Akumulasinya menjadi skor akhir.

Isu pertama: politik luar negeri.


Obama dianggap masih hijau, miskin pengalaman. Kesediannya bernegosiasi dengan Cuba dan Iran dijadikan sasaran tembak karena dianggap kontra-produktif.

Di lain pihak, McCain dianggap titisan Bush. Kita tahu, kebijakan luar negeri Bush banyak menuai kecaman. McCain juga tidak bisa diharapkan akan mengusung perubahan.

Skor: imbang.

Isu kedua: kekompakan partai.

Agak mengejutkan. Meski pemilih Demokrat terpecah oleh persaingan Obama-Hillary, di tingkat elit partai mereka kompak seia-sekata. Siapa pun yang akan maju akan didukung sepenuh hati. Donatur juga sudah bersiap mengucurkan dana.

Sebaliknya, beberapa anggota tim sukses McCain mengundurkan diri karena terhadang masalah. Di beberapa wilayah, Republik juga kehilangan kursi legislatif dan eksekutif.

Skor: Demokrat unggul.

Isu ketiga: Bush factor.

Di sela kunjungannya ke Israel Presiden Bush melontarkan kritikan kepada Obama. McCain menimpali. Opini publik kemudian terbentuk. Obama berbeda dengan Bush, sedangkan McCain serupa saja.

Skor: Demokrat unggul.

Isu keempat: budaya pop.

McCain tampil di Saturday Night Live, talk show televisi dengan nuansa ‘serius tapi santai.’ Biar gaek, McCain bisa mengundang tawa juga. Keraguan tentang faktor usia sedikit terpatahkan.

Skor: Republik unggul.

Skor akhir: Demokrat 2,5 – Republik 1,5.

Advertisements