McBama: Capres Alternatif Amerika

by LareSabin

Tulisan Trudy Rubin di koran San Jose Mercury pagi ini sungguh menarik. Tidak realistis, tetapi cukup menggelitik. Judulnya “What America needs to fix failed foreign policy: McBama.”
Rubin menyebut dalam menanggapi beberapa isu penting, seperti hubungan Amerika dengan Iran atau Irak; Obama terlihat terlalu naif dan McCain terlalu kaku.
Obama terlihat tidak berpikir panjang ketika menyatakan akan segera menarik pasukan Amerika dari Irak. Juga saat menyatakan mau bertemu dengan Presiden Iran Ahmadinejad tanpa syarat.

Beruntung, beberapa saat terakhir Obama menambahkan bahwa dua kebijakan di atas hanya akan dilaksanakan setelah adanya persiapan dan perencanaan yang matang. Meski begitu, Obama dianggap belum sepenuhnya memahami persoalan.

Sebaliknya McCain dianggap tidak menawarkan sesuatu yang baru. Apa yang diusung idem ditto dengan kebijakan Presiden George Bush. Padahal semua tahu jika kebijakan Bush banyak menuai kritik. Bahkan, di bawah kepemimpinannya politik luar negeri Amerika dianggap gagal.
Lalu, mengapa McBama? Rubin menyebut kombinasi kebijakan McCain dan Obama sebagai solusi ideal. McBama, demikian nama capres imajiner ini, akan mendengarkan masukan dari semua komponen di dalam negeri (tidak seperti Bush yang lebih suka maju sendirian) dan akan lebih fokus ke kepentingan nasional Amerika (tidak semata-mata menonjolkan personal diplomacy tanpa tujuan yang jelas).
Menurut Rubin, formula di atas akan memperbaiki kebijakan luar negeri Amerika yang saat ini banyak dianggap gagal. Bagaimana menurut Anda?
Advertisements