Bisakah Obama Berbahasa Indonesia?

by LareSabin

Siang ini saya bertemu dengan seorang manager kantor perwakilan maskapai penerbangan salah satu negara Asia di San Francisco. Pertemuannya di rumah makan Borobudur, downtown San Francisco. Meski baru berkenalan, suasana langsung mencair. Penyebabnya, ternyata sang manager ini pernah ditugaskan di Indonesia, dari tahun 1993 sampai 1998. Makan masakan Indonesia akan kembali mengangkat memori yang terendam, kilahnya gembira.

Apalagi selama di San Francisco ia belum pernah bersantap di rumah makan Indonesia. Cepat-cepat ia mengusulkan menu gado-gado. Pedas tidak apa-apa, lidahnya sudah terasah di Jakarta.
Obrolan selanjutnya terasa menyenangkan. Saya terkejut karena sang manager pernah empat tahun tinggal di Jakarta. Ia pun senang karena kerinduannya akan makanan Indonesia terobati.
Ketika ditanya apakah bisa berbahasa Indonesia, sang menjawab sedikit. Banyak yang terlupa. Kemudian, ia menanyakan apakah kira-kira Barack Obama masih bisa berbahasa Indonesia. Mestinya masih bisa karena Obama menghabiskan tiga setengah tahun masa kanak-kanaknya di Jakarta. Bahkan mengenyam pendidikan di sekolah negeri. Ia menjawab sendiri pertanyaannya.
Apalagi memori masa kecil bisanya melekat sampai tua, saya menimpali. Jadi mungkin saja Obama masih ingat bahasa Indonesia. Meski kadarnya juga sedikit dan banyak yang terlupa.
Bagaimana Pak Obama? Anda membaca blog ini? Apa jawaban Anda? Hehehehe….
Advertisements