Dapat Surat Dari John McCain

by LareSabin

Siang ini saya mendapatkan surat dari John McCain, calon presiden Amerika dari Partai Republik. Kok bisa? Pasti nama dan alamat saya sudah ada di database tim sukses McCain. Mungkin mereka mendapatkannya dari biro kredit atau dari perusahaan yang menerbitkan kartu kredit saya. Saya yakin, jutaan orang di Amerika juga mendapatkan surat serupa. Jadi, tidak perlu kaget.
Inti surat adalah permintaan sumbangan dana. Jumlahnya bebas. Mulai dari 25 sampai 1000 dolar. Meski cuma surat permintaan donasi, jumlah halamannya cukup banyak juga. Empat halaman.

Saya tergerak untuk membaca surat empat halaman itu. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana cara seorang calon presiden Amerika Serikat menghimpun dana kampanye.

Surat dibuka dengan sapaan Dear Friend. Wah, saya sudah dianggap sebagai ‘sahabat’ oleh McCain. Halaman pertama memuat alasan mengapa McCain berkirim surat. Ia membutuhkan banyak dana untuk memenangi pemilu November nanti. Target dana yang terkumpul 30 hari ke depan adalah 10 juta dolar. Hm, banyak juga.
Halaman dua berisi serangan ke kubu Demokrat dan Barack Obama – kandidat presiden yang diusung Partai Demokrat. Semakin menarik untuk dibaca. Dua isu utama dijadikan senjata oleh McCain: pajak dan Irak. McCain menulis seperti ini:
If liberals like Barack Obama, Harry Reid and Nancy
Pelosi control the White House, Congress and statehouse across this
country …
… they will raise your taxes.
Sebaliknya McCain berjanji jika dirinya menang, pajak tidak akan dinaikkan.
Kemudian disinggung soal Irak. McCain menulis begini:
If the Obama Democrats and liberal organizations like MoveOn.org have their way,
our troops will be recklessly pulled out of Iraq and our enemies will be handed
a victory they have neither won nor deserve.
McCain menyebut jika Amerika keluar dari Irak maka “radical Islamic extremists” akan diuntungkan.Halaman tiga mengungkap keinginan-keinginan yang hendak dicapai McCain jika terpilih sebagai presiden. Sekali lagi ia menyebut “radical Islamic extremists”di halaman ini. Halaman empat berisi penutup yang mengingatkan tujuan utama surat, yaitu meminta donasi.
Membaca surat tersebut, sangat terasa McCain menonjolkan kelompok liberal dan “radical Islamic extremists” sebagai ancaman. Terlihat jelas sosok McCain yang konservatif, jauh dari julukan Maverick yang selama ini disandang. Tampak juga bahwa McCain tidak menawarkan sesuatu yang baru, yang membedakannya dengan Bush.
Setelah surat ditutup dengan tanda tangan, ternyata masih ada halaman yang tersisa. Ditambahkan P.S. dengan penekanan bahwa agenda liberal kubu Demokrat adalah salah dan ajakan untuk bersatu menghentikannya. Juga diingatkan sekali lagi tentang permintaan sumbangan. Tidak perlu repot-repot, katanya, kerena amplop untuk mengirimkan sumbangan telah disediakan.
Membaca sampai akhir surat, sayang sekali, saya memutuskan untuk tidak memberikan donasi. Selain kurang sreg dengan ide-ide yang diusung John McCain, anggaran untuk menyumbang juga kagak ada. Lha wong lebaran ini juga kayaknya kagak ada ongkos untuk mudik, hehehe….
Sorry, John McCain!
Advertisements