Sopron

by LareSabin

Akhir pekan ini saya dan keluarga berkesempatan mengunjungi Sopron, kota kecil di Hungaria yang letaknya tidak jauh dari perbatasan dengan Austria. Jarak Sopron dari Wina sekitar 75 kilometer. Berkendara melalui jalur bebas hambatan, jarak Wina-Sopron dapat ditempuh dalam waktu sekira satu jam.

image

Ada dua alasan mengapa saya memilih Sopron. Pertama, hanya dalam waktu satu jam perjalanan sudah sampai ke luar negeri hehehe…
Kedua, … ini alasan yang sedikit serius. Pada tahun 1920 Sopron termasuk wilayah yang dialihkan kepemilikannya dari Hungaria ke Austria. Namun pengalihan tersebut ditolak oleh mayoritas penduduk Sopron dan mereka tetap memilih menjadi bagian dari Hungaria.

image

Sopron juga termasuk salah satu kota yang tidak banyak mengalami kerusakan saat Perang Dunia Kedua. Karenanya banyak bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh, lengkap dengan catatan sejarah yang telah berusia ratusan tahun.

image

Suasana mendung menyambut kedatangan kami siang tadi di area kota tua (old town). Segera kami berjalan kaki mengelilingi kota tua ini. Monumen dan menara masih terlihat megah, namun beberapa bangunan mulai terlihat rapuh dimakan usia.

image

Gerimis mulai turun saat kami hampir selesai menyusuri lorong kota tua Sopron. Sebelum kembali ke Wina, kami mampir ke warung yang menjual cemilan khas Hungaria: langos dan kurtos kalacs.

image

Langos seperti tampak di atas terbuat dari adonan tepung terigu dengan cita rasa bawang putih. Teksturnya lembut dan rasanya yang gurih bertambah nikmat dengan olesan sour cream dan taburan parutan keju.

image

Menjelanh sore kami kembali ke Wina dengan pengalaman baru berkeliling kota tua Sopron serta perut kenyang setelah menyantap langos dan kurtos kalacs. 🙂

Advertisements