Liga Kurusetra

by LareSabin

Tahun 1994 muncul tabloid GO, kepanjangan dari Gema Olahraga. Bersaing dengan tabloid olahraga yang sudah ada sebelumnya, Tabloid GO menghadirkan fitur baru sebagai pembeda. Salah satunya adalah halaman untuk cerita pendek alias cerpen.

Melihat ada halaman untuk cerpen, saya berangan-angan mengirimkan cerpen ke tabloid GO. Akhirnya ide terkumpul dan selesailah draft cerpen ‘Liga Kurusetra’. Karena tabloid yang dituju bernuansa olahraga, saya pilih sepakbola sebagai tema cerpen.

Inti cerita adalah kesepakatan Pandawa dan Kurawa – dua pihak yang berseteru dalam epik Mahabarata – untuk menghindari pertumpahan darah yang sia-sia. Alih-alih berperang, mereka memilih bertanding sepakbola untuk menentukan siapa yang lebih unggul.

Naskah cerpen kemudian saya ketik dengan mesin ketik manual, pinjaman dari seorang teman kos. Tahun 1995 rental komputer sudah ada di beberapa tempat di Jogja. Namun atas pertimbangan ‘ketersediaan anggaran’, saya memilih menggunakan mesin ketik.

Naskah saya kirim dan setelah itu tidak pernah ada kabar apapun dari penerbit. Meski bukan lagi zaman batu, saat itu internet, alamat email, dan handphone belum dikenal luas. Bahkan saluran telepon belum menjangkau kos-kosan tempat saya tinggal.

Selang berapa lama, datang selembar wesel dari Tabloid GO, honor untuk cerpen saya yang dimuat dua minggu sebelumnya. Segera saya meluncur ke tukang koran, mencari Tabloid GO edisi dua minggu lalu. Hasilnya nihil. Koran yang tidak laku sudah dikembalikan ke agen.

Akhirnya saya nikmati honor cerpen pertama itu tanpa pernah melihat langsung penampakannya. Dan setelah duapuluh tahun berlalu, belum juga lahir cerpen kedua hehehe…

P.S. Tabloid GO berhenti terbit pada tahun 2006.

Advertisements